Indonesia

Tips Menjaga Kebugaran Bersama Hewan Kesayangan

Memiliki hewan peliharaan memberikan kesempatan kepada manusia untuk dapat meningkatkan kesehatan diri. Hewan dapat menjadi stimulus dan juga pendukung sosial bagi seseorang melakukan berbagai aktivitas salah satunya yaitu aktivitas berolahraga. Manfaat memiliki hewan ternyata juga sejalan dengan tujuan kesehatan dan pencegahan suatu penyakit loh. Nah tujuan ini meliputi:

  • Meningkatkan aktivitas fisik dan kebugaran

  • Meningkatkan kesehatan mental dan mencegah gangguan mental

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), bugar berarti keadaan tubuh yang sehat dan juga segar. Menjaga kebugaran sama saja dengan membiarkan hidup penuh kebahagiaan berkat kondisi tubuh yang sehat. Sama seperti halnya manusia, hewan pun memiliki kriteria kebugaran yang perlu diperhatikan. Lalu apa sih contoh kriteria yang ada pada hewan. Kriteria tersebut dapat dilihat dari mata yang berbinar, wajah yang semringah, peka terhadap lingkungan sekitar, aktif bermain, makan dan minum yang bernutrisi, tidak memiliki masalah kulit, serta rambut yang tidak kusam. Namun benarkah dengan menjaga kebugaran bersama hewan kesayangan akan meningkatkan kebahagiaan yang berlipat ganda? Nah berikut beberapa tips yang dapat dilakukan hewan kesayangan dan pemiliknya agar mencapai BUGAR yang diinginkan:

  1. Berolahraga bersama

    Olahraga yang dapat dilakukan bersama dengan hewan kesayangan harus disesuaikan dengan kondisi kesehatan tubuh salah satunya adalah mulai dari jalan santai hingga mencoba untuk berlari. Hal yang harus diperhatikan ketika ingin mengajak hewan kesayangan berolahraga yaitu pemilik harus memastikan bahwa hewan kesayangan yang akan diajak untuk berolahraga dalam kondisi yang sehat dan jangan memaksa jika hewan tidak ingin melakukannya ya.

  2. Usahakan memakan makanan yang bernutrisi dan seimbang

    Untuk menjaga kebugaran tubuh, haruslah memakan makanan yang bernutrisi. Jika manusia dapat mengukur standar makanan nutrisi dari B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman). Hewan pun juga memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda-beda, dan kebutuhan yang berbeda berdasarkan jenis hewan, ras, usia, dan lingkungan tempat tinggal. Perhatikan kandungan nutrisi seperti asupan energi, protein, asam amino, vitamin, mineral, asam lemak, karbohidrat, dan serat.

  3. Gigi dan mulut yang terjaga kesehatannya

    Manusia biasanya menjaga kesehatan mulut dan gigi dengan menggosok gigi dengan sikat dan pasta gigi serta berkumur dengan mouthwash. Begitu pun dengan hewan, sebagai pemilik yang peduli terhadap hewan kesayangannya. Pemilik tidak boleh melewatkan kebersihan mulut dan gigi si hewan. Kebersihan mulut dan gigi dapat dibersihkan dengan beberapa cara seperti menggosokan sikat dan pasta khusus ke gigi hewan. Mungkin awalnya hewan akan merasa kurang nyaman akan tetapi jika dibiasakan untuk dilakukan lama kelamaan hewan pun akan menerima. Jika pemilik sudah terlambat dan karang gigi pada hewan sudah muncul maka pergi ke dokter hewan dan lakukan scalling gigi adalah solusi!

  4. Alangkah baiknya memelihara kesehatan rambut dan kulit

    Jika rambut yang berkilau dapat dikatakan sebagai mahkota dan kulit yang sehat sebagai anugerah bagi manusia. Sebagai pemilik hewan, memelihara kesehatan rambut dan kulit hewan juga termasuk hal yang harus diperhatikan. Seperti rajin meng grooming selama dua minggu sekali, memberikan omega 3 untuk nutrisi folikel rambut dan membrane sel di kulit kepala. Hal ini dilakukan untuk menghindari gangguan pada kulit seperti gatal yang disebabkan oleh berbagai macam mikroorganisme dan beberapa reaksi alergi.

  5. Rapikan dan bersihkan lingkungan sekitar

    Jangan sampai ketika empat poin diatas terpenuhi tetapi lingkungan sekitar masih kotor dan tidak terawat. Mulai dari sekarang perhatikan juga, seperti membuang kotoran hewan dengan rutin, tidak membiarkan sampah rumah tangga menumpuk, dan selalu melakukan desinfeksi ruangan agar tetap steril.

Jadi… sudah percaya kan kalau melakukan aktivitas untuk mencapai ke-BUGARan bersama hewan kesayangan dapat meningkatkan kebahagiaan yang mutlak. Yuk mulai dari sekarang!

Informasi Kontak

Talavera Suite, 19th Floor Unit 05-06
Jl. Letjen TB. Simatupang Kav. 22-26
Cilandak, Jakarta Selatan 12430
Indonesia
Jakarta Selatan 12430 .
Zoetis.Indonesia@zoetis.com
Phone : +622130052400 Fax: +6565125096