Indonesia

BOVINE RESPIRATORY DISEASE

LINDUNGI KESEHATAN PERNAFASAN PADA PEDET UNTUK MENDAPATKAN PERFORMA YANG LEBIH OPTIMAL

Pengeluaran biaya di peternakan sangat bervariasi, dan harga susu dan daging sangat dipengaruhi oleh market/pasar. Keduanya tidak dapat diprediksi dan sebagian besar di luar kendali peternak.

Peternak seharusnya bisa lebih fokus di area dimana dia bisa berperan secara langsung dalam memastikan supaya performa produksi nya bisa optimal, contohnya adalah memastikan supaya bobot badan pedet yang dipeliharanya mencapai target bobot badan yang diharapkan sesuai umurnya.

Rata-rata kenaikan bobot dipengaruh oleh genetik, nutrisi dan kesehatan hewan. Penyakit pernafasan pada sapi (Bovine Respiratory Disease/BRD) merupakan problem kesehatan yang paling umum terjadi di pedet hingga umur 12 bulan.

Penyakit BRD dapat mempengaruhi rata-rata kenaikan bobot badan dan efisiensi  pakan, sehinggga akan berdampak langsung terhadap kerugian secara ekonomi, seperti kenaikan biaya pakan, perpanjangan waktu panen, penurunan bobot saat penjualan atau peningkatan umur saat pertama lepas sapih.

Melindungi kesehatan pada pedet sangat penting untuk memastikan performa yang optimal kedepannya untuk kelompok ternak tersebut,  baik itu sapi pedaging maupun sapi perah. Vaksinasi merupakan bagian yang tidak terpisahkan  dari manajemen peternakan yang baik, membantu mengoptimalisasi performa anakan dan  terutama produktivitas sepanjang waktu hidupnya.

Informasi Kontak

Talavera Suite, 19th Floor Unit 05-06
Jl. Letjen TB. Simatupang Kav. 22-26
Cilandak, Jakarta Selatan 12430
Indonesia
Jakarta Selatan 12430 .
Zoetis.Indonesia@zoetis.com
Phone : +622130052400 Fax: +6565125096