Indonesia

INFECTIOUS BOVINE RHINOTRACHEITIS

BHV-1 (IBR)

IBR adalah penyakit pada saluran pernafasan atas disebabkan oleh Bovine Herpers Virus (BHV-10). Infeksi ini dapat disebarkan melalui:

  • Langsung melalui kontak antar hidung dengan hidung lainnya
  • Melalui udara dalam jarak dekat
  • Tidak langsung seperti pakaian dan peralatan atau melalui semen yang terinfeksi

Resiko dari IBR sangat tinggi di tempat penjualan atau pada sapi akhir di umur 6-18 bulan. Gejala klinisnya termasuk cairan dari mata atau hidung, demam, gejala pernafasan seperti batuk dan kehilangan nafsu makan. IBR bisa dalam bentuk infeksi campuran dengan virus dan bakteri pneumonia lain, menyebabkan penyakit pernafasan lebih umum. Pada waktu tertentu IBR dapat menyebabkan penyakit neonatal yang parah dan menimbulkan kematian pada anakan di usia kurang dari umur 1 bulan.

Sekali terinfeksi, hewan terinfeksi seumur hidupnya, membawa virus dan ketika sapi tersebut stres (seperti pada masa penyapihan, pencampuran, transportasi, pengandangan), hewan-hewan ini dapat mulai menyebarkan virus kembali, bertindak sebagai sumber infeksi ke sapi lainnya dan dapat menyebabkan wabah penyakit di kawanan ternak.

Penyakit ini pada sapi pedaging dewasa umumnya menyebabkan penyakit di saluran pernafasan atas yang khas atau terkadang menyebabkan penyakit di saluran reproduksi (aborsi dan infertilitas), namun yang paling penting adalah sapi ini menjadi sumber infeksi ke anakan mereka, sehingga pengendalian di sapi dewasa memerlukan juga pengendalian di anakannya.

Vaksinasi bertindak sebagai sarana pengendalian penyakit. Pada kawanan dengan resiko tinggi dimana stok secara rutin dimasukkan yang baru (pembelian stok pengganti, stok pembiakan, pejantan yang disewa/dipinjam, stok yang dikembalikan dari penjualan atau kontes dan penyewaan bakalan atau stok akhir), vaksinasi seharusnya dilakukan bersamaan dengan menjaga biosekuriti yang bagus untuk memperbaiki pengendalian penyakit.

Informasi Kontak

Talavera Suite, 19th Floor Unit 05-06
Jl. Letjen TB. Simatupang Kav. 22-26
Cilandak, Jakarta Selatan 12430
Indonesia
Jakarta Selatan 12430 .
Zoetis.Indonesia@zoetis.com
Phone : +622130052400 Fax: +6565125096