Indonesia

Marek’s Diseases (MD)

Marek’s Disease (MD) adalah penyakit yang sangat menular yang disebabkan oleh Alphaherpesvirus yang terutama menyerang ayam dan juga ditemukan pada kalkun. Virus dapat bertahan selama berbulan-bulan di litter maupun debu dalam kandang ayam. Debu atau ketombe dari ayam terinfeksi menjadi sumber penularan yang sangat efektif. Begitu virus masuk dan dikenal dalam flock, infeksi menyebar dengan cepat dari ayam ke ayam tanpa memperdulikan status vaksinasinya. Ayam muda sangat rentan terhadap penularan horisontal. Kematian biasanya terjadi antara umur 10 sampai 20 minggu dan dapat mencapai 50% pada kelompok ayam yang tidak divaksinasi.

Expand All
    • Penurunan berat badan
    • Paralisa terutama pada kaki dan sayap, jika syaraf leher terserang maka paralisa leher terjadi tortikolis
    • Kebutaan
    • Kulit di sekitar folikel bulu terangkat dan kasar
  • Penegakan diagnosa dimana hanya berdasarkan pada gejala klinis yang ditemukan, kemungkinan menemui kesulitan, karena tumor pada hati, limpa, ginjal atau jaringan lain juga bisa diindikasi sebagai lymphoid leucosis. Salah satu ciri khas MD adalah pembengkakan nervus ischiadicus. 

    Pemeriksaan yang bisa dilakukan untuk mengkonfirmasi diagnose:

      1. Histopatologis dari sampel organ yang mengalami perubahan atau tumor.
      2. Isolasi virus
      3. PCR untuk mengetahui DNA virus.
  • Untuk meningkatkan proteksi ayam terhadap Marek, lebih baik mengkombinasi tipe vaksin yang berbeda. Vaksin yang paling sering digunakan pada ayam komersial adalah kombinasi strain virus Rispens (CVI) dan HVT. 
    Vaksinasi diberikan pada saat di hatchery. Terdapat dua rute pemberian vaksin ini yaitu In-ovo atau injeksi bawah kulit pada DOC.

  • Poulvac Ovoline CVI HVT

Informasi Kontak

Talavera Suite, 19th Floor Unit 05-06
Jl. Letjen TB. Simatupang Kav. 22-26
Cilandak, Jakarta Selatan 12430
Indonesia
Jakarta Selatan 12430 .
Zoetis.Indonesia@zoetis.com
Phone : +622130052400 Fax: +6565125096